Jumat, 01 Maret 2013

TIPE SEMANTIS KOMPONEN MAKNA NOMINA BAHASA INDONESIA DALAM ANTOLOGI CERPEN JAKARTA KAFE KARYA TATYANA

Penulis :SEPTIANI, Renny

ABSTRAK
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh penelitian khusus mengenai tipe semantis komponen makna nomina bahasa Indonesia belum pernah dilakukan. Kajian yang ada hanya terbatas pada deskripsi yang masih sederhana sekali. Padahal tipe semantis komponen makna nomina itu memiliki peranan penting dalam deskripsi tata bahasa Indonesia, khususnya dalam bidang semantik.

Penelitian ini merupakan sebuah analisis tipe semantis komponen makna nomina yang terdapat pada teks antologi cerpen Jakarta Kafe karya Tatyana oleh Gramedia Pustaka Utama pada bulan Agustus 2004 (cetakan pertama), Februari 2005 (cetakan kedua). Rumusan masalah penelitian ini adalah: a) bagaimana tipe-tipe kategori nomina bahasa Indonesia dalam antologi cerpen Jakarta Kafe karya Tatyana?; b) bagaimana ciri-ciri pembeda semantis komponen makna nomina bahasa Indonesia dalam antologi cerpen Jakarta Kafe karya Tatyana?; c) bagaimana hubungan makna antarnomina bahasa Indonesia dalam antologi cerpen Jakarta Kafe karya Tatyana?. Penelitian ini bertujuan untuk: a) menjelaskan tipe-tipe kategori nomina bahasa Indonesia dalam antologi cerpen Jakarta Kafe karya Tatyana; b) menjelaskan ciri-ciri pembeda semantis komponen makna nomina bahasa Indonesia dalam antologi cerpen Jakarta Kafe karya Tatyana; c) menjelaskan hubungan makna antarnomina bahasa Indonesia dalam antologi cerpen Jakarta Kafe karya Tatyana.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dengan cara membaca leksem nomina,  menandai leksem nomina, lalu menyalin leksem nomina ke dalam kartu data. Setelah pengumpulan data lalu digunakan teknik penamaan, parafrasis, pendefinisian, pengklasifikasian, analisis komponen, biner, atau tabel. Hasil penelitian ini antara lain kategori nomina untuk setiap leksem dapat ditemukan; ciri-ciri pembeda semantis komponen makna dapat ditemukan;  hubungan antarnomina dapat ditemukan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan perluasan dan pengembangan kajian komponen makna (semantik) yang diajarkan di perguruan tinggi. Terutama sekali berkenaan dengan leksem nomina yang jarang dilirik untuk dikaji.

DOWNLOAD

1 komentar: